Korea Utara ‘menghentikan rudal dan uji coba nuklir’, kata Kim Jong-un

uji coba nuklir – Kim Jong-un mengatakan tidak perlu uji coba rudal lebih lanjut
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan dia telah menghentikan semua pokercc tes rudal dan akan menutup tempat uji coba nuklir.

“Mulai 21 April, Korea Utara akan menghentikan uji coba nuklir dan meluncurkan rudal balistik antarbenua,” kata kantor berita negara itu.

Kim mengatakan tes lebih lanjut tidak diperlukan karena kemampuan nuklir Pyongyang telah “diverifikasi”.

Pengumuman mengejutkan datang ketika Korea Utara mempersiapkan pembicaraan bersejarah dengan Korea Selatan dan AS.

Kim akan bertemu dengan mitranya dari Korea Selatan, Moon Jae-in minggu depan untuk KTT antar-Korea pertama dalam lebih dari satu dekade, dan Presiden AS Donald Trump pada Juni.

Kedua negara telah mendorong Pyongyang untuk denuklirisasi dan mereka bereaksi positif terhadap perkembangan terakhir.

“Ini adalah berita yang sangat bagus untuk Korea Utara dan Dunia – kemajuan besar!” Mr Trump tweeted setelah pengumuman itu.

Lewati posting Twitter oleh @realDonaldTrump

Korea Utara telah setuju untuk menangguhkan semua Uji Coba Nuklir dan menutup situs uji besar. Ini adalah kabar baik bagi Korea Utara dan Dunia – kemajuan besar! Nantikan KTT kami.

Pada hari Kamis, pemimpin AS mengatakan ada “jalan terang yang tersedia untuk Korea Utara ketika mencapai denuklirisasi”.

Seorang juru bicara untuk presiden Korea Selatan menyebut langkah Korea Utara “kemajuan yang berarti”.

“Ini juga akan berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang sangat positif bagi keberhasilan KTT Selatan-Utara yang akan datang dan KTT Utara-Amerika Serikat,” kata pernyataan dari kantor Moon.

Mengapa tes Pyongyang dihentikan?
Keputusan untuk menunda peluncuran rudal dilakukan selama pertemuan komite pusat partai yang berkuasa pada hari Jumat, kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Dalam pernyataan yang dikutip oleh agensi tersebut, Kim mengatakan tidak perlu lagi melakukan uji coba rudal karena “senjata nuklir” telah dicapai.

“Situs uji nuklir utara telah menyelesaikan misinya,” katanya.

Ini menggemakan pernyataan sebelumnya yang dibuat selama pidato Tahun Baru di mana Kim mengumumkan program rudal nuklir dan balistiknya selesai.

Setelah enam uji coba nuklir, Korea Utara mungkin merasa tidak perlu memperbarui desain yang sudah ada, kata wartawan BBC Laura Bicker di Seoul.

Meskipun Pyongyang mengatakan akan menghapus tempat uji coba nuklirnya, tidak ada indikasi bahwa pihaknya berencana untuk menyingkirkan senjata yang ada.

Keputusan untuk menghentikan tes rudal juga ditujukan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi, menurut KCNA. Mr Kim dikabarkan berjanji untuk “memusatkan semua upaya” untuk mengembangkan ekonomi sosialis selama pertemuan hari Jumat.

Keterangan media Bagaimana perang dengan Korea Utara dapat terungkap?
Puncaknya adalah hadiahnya
Oleh Ankit Panda, rekan senior di Federasi Ilmuwan Amerika

Konsesi-konsesi ini dari Korea Utara telah datang sebelum dua pertemuan yang diantisipasi dengan AS dan Korea Selatan.

Orang mungkin bertanya-tanya mengapa Mr Kim harus menyerah begitu banyak di muka daripada bergantung pada larangan uji coba nuklir dan moratorium ICBM sebagai kartu kredit.

Jawabannya sederhana: pertemuan puncak dengan presiden AS cukup dengan hadiah itu sendiri. Untuk Tuan Kim, itu adalah sesuatu yang tidak bisa dicapai kakeknya maupun ayahnya.

Apa yang Korea Utara kalah dengan menghancurkan pasaran togel  situs uji coba nuklirnya dan mengirimkannya ke moratorium unilateral pada peluncuran ICBM sepenuhnya dapat ditoleransi dibandingkan dengan apa yang diperoleh Kim dengan duduk bersama Presiden Trump.